Monday, December 22, 2014

Tutorial Bunga Cantik: Mawar



Bunga mawar. Every girl loves roses, am i right? Bunga cantik berduri ini seakan-akan mampu mewakili kecantikan yang dimiliki setiap wanita. Saya sendiri sangat terobsesi dengan bunga mawar. Harumnya membawa kesegaran dan ketenangan tersendiri ketika menghirupnya. Kecantikan bentuknya terlihat begitu anggun. Saya pun bisa langsung jatuh cinta ketika melihat apapun yang berkenaan dengan bunga mawar.

Tak terkecuali dalam berkarya, mawar selalu menjadi favorit saya maupun para crafter di mana pun mereka berada untuk dibuat. Ada berbagai cara atau teknik dalam membuat mawar dari bahan. Kali ini saya ingin berbagi salah satunya. Meskipun saya ambil dari blog berbahasa asing yang saya pun tidak mengerti bahasanya, saya mencoba menarasikannya sendiri untuk sahabat.


Pertama, siapkan bahan. Saran saya, bahan satin bagus untuk membuat kesan bunga yang lebih cantik. Jika tidak ada, bahan apapun tidak jadi masalah.

Gunting bahan berbentuk lingkaran berdiameter 9 cm sebanyak 11 buah.


Ambil satu buah lingkaran bahan. Lipat menjadi dua. Jahit jelujur sisi bahan yang terbuka. Sisakan 2 cm di ujung, kemudian tumpuk bahan lain yang juga sudah dilipat menjadi dua. Teruskan jelujur pada bahan yang tertumpuk.


Terus lakukan langkah tersebut sambil sesekali mengerutkan bahan yang sudah terjahit. Jahit kesebelas kelopak, kerutkan semuanya sehingga terlihat seperti pada gambar. Matikan jahitan.



Gulung seluruh kelopak. Pastikan dasar bunga rata untuk menghasilkan bunga yang cantik. Satukan dasar bunga agar tidak lepas, bisa dengan dijahit, atau di-lem.



Tutup dasar bunga dengan menggunakan kain flanel berbentuk lingkaran berdiameter 4 cm. 


Dan bunga mawarmu pun sudah jadi.:)



written by rahmaastari

No comments:

Post a Comment