Friday, October 18, 2013

[Sebelum] Belajar Merajut

Sebelum mulai merajut ada beberapa teknik yang perlu kita ketahui. Tapi jangan diambil pusing ya, ini hanya untuk pengetahuan. Cukup pilih teknik mana yang kita anggap paling nyaman.

*Memilih Hakpen
Jarum haken, atau yang dikenal dengan sebutan hakpen, memiliki panjang sekitar 20 sentimeter dan di ujungnya terdapat kaitan kecil. Ada yang terbuat dari besi, logam, dan fiber. Di badan hakpen biasanya tercantum nomor yang menunjukkan besaran dari kaitan di ujungnya. Penggunaan jarum dengan nomor tertentu tergantung benang yang digunakan. Berikut daftar nomor hakpen merek ‘Rose’ yang harganya lebih murah dan mudah didapatkan di Indonesia:

1/0 = 1,75 mm
2/0 = 2,00 mm
3/0 = 2,30 mm
4/0 = 2,50 mm
5/0 = 3,00 mm
6/0 = 3,50 mm

Yang tertera di atas hanyalah sebagian nomor dan ukuran dari hakpen yang sering digunakan. Selain itu, masih banyak lagi ukuran lebih besar maupun lebih kecil. Kamu juga dapat memilih merek dan bahan hakpen sesuai yang diinginkan. Ada yang berat, ringan, terbuat dari besi, tembaga, berwarna silver, kuning, atau berwarna-warni sesuai keinginanmu.

*Cara memegang benang
Ada tiga cara memegang benang. Setiap orang memiliki cara nyaman tersendiri, seperti contoh di bawah. Manakah yang nyaman buatmu?
      
      1.      Cara pertama
           

      2.      Cara kedua
            
     
       3.      Cara ketiga
     
               

*Cara memegang jarum
Memegang jarum ada dua cara. Bisa memegang seperti memegang pensil untuk menulis, atau kamu bisa memegangnya dengan cara menggenggamnya seperti menggenggam pisau.

       
 
     Teknik memegang pensil                         Teknik memegang pisau


*Membuat simpul awal
Banyak orang kesulitan dalam membuat simpul awal. Semoga tip berikut ini bisa memudahkan.
Pertama, dengan menggunakan hakpen, buatlah simpul kecil, kemudian kamu bisa menahan simpul tersebut dengan menggunakan jarimu.
    Buat simpul menggunakan hakpen,
tahan simpul menggunakan hakpen. Jangan keluarkan hakpen dari simpul untuk membuat tusukan selanjutnya.

Saat membuat tusukan berikutnya, tahan terus simpul awal jangan sampai lepas, hingga kira-kira tusukan ke-3.

No comments:

Post a Comment